Warga Marunda: Mana Ambulans Kami, Pak Jokowi

Written By bopuluh on Sabtu, 10 November 2012 | 22.45

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam kunjungan mendadak di Rusunawa Marunda pada Jumat (26/10/2012) malam beberapa waktu lalu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengecek sejumlah kesiapan dan fasilitas di Rusun Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. Ketika hendak pulang, seorang warga kemudian menghampiri dan meminta Gubernur menyediakan perangkat ambulans bagi warga di sana.

Saat itu, Gubernur pun menyanggupinya. Lalu bagaimana realiasasinya?

Jakaria, dari Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) Kelurahan Marunda menyatakan, Rusun Marunda pada Cluster A dan B memang tidak memiliki unit ambulans. Hal itu, kata dia, yang membuat warga kesulitan jika di antara mereka ada yang sakit dan perlu dibawa ke rumah sakit atau puskemas. Sebab, Rusun Marunda jaraknya cukup jauh dari rumah sakit atau puskesmas terdekat.

"Kesulitannya kalau ada yang sakit warga mesti pakai ojek, atau kalau ada yang meninggal, makanya jauh juga (dibawa). Kalau enggak warga paling minjam mobil tetangga," kata Jakaria, saat ditemui KOMPAS.com di Rusun Marunda, Minggu (11/11/2012).

Hal senada diungkapkan seorang sekuriti jaga di Cluster A Rusun Marunda. Menurutnya, warga biasanya memakai mobil milik Ketua RW 10 apabila ada yang sedang sakit dan membutuhkan kendaraan untuk dibawa berobat.

"Sebenarnya kalau di sini sangat perlu sekali kalau ambulans. Cuma karena enggak ada, ya biasanya pake mobil Pak RW 10. Puskeling sih ada, cuma ambulans-nya belum ada," ujarnya.

Dari pengamatan KOMPAS.com, Puskeling yang ada berupa Pos Yandu, dan lokasinya terletak pada lantai dasar Cluster A Rusun Marunda. Menurut keterangan beberapa petugas jaga di pos jaga Cluster A, kegiatan operasional pada Pos Yandu yang tersedia di sana hanya beroperasi dua sampai tiga kali saja dalam seminggu.

Kepala Unit Pengelola Rusun Wilayah I Dinas Perumahan dan Gedung Pemda Provinsi DKI Jakarta Kusnindar yang dihubungi pun mengakui ambulans yang diminta warga belum tersedia.

"Saat ini belum terealisasi, tetapi kemarin saya sudah lapor dan sudah saya rapatkan, mungkin tahun 2013. Karena warga ini minta disediakan puskesmas sama ambulans. Ini juga sudah saya sampaikan ke Dinas Kesehatan, sudah saya surati," kata Kusnindar melalui telepon selulernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Dien Emmawati, melalui pesan singkatnya mengungkapkan hal berbeda. Ia mengatakan, sudah ada mobil ambulans yang diberikan di wilayah Marunda.

"Kalau enggak salah Puskeling Pesisir Pantai/Marunda sudah dapat ambulans dari Menpera," ujar Dien.

Namun, tak satupun warga ataupun petugas sekuriti di sana tahu saat ditanya mengenai lokasi Puskeling Pesisir Pantai, atau di Marunda seperti yang dimaksud.

Saat ini, Joko Widodo juga tengah menggalakkan upaya program kesehatan bagi masyarakat Jakarta. Upaya ini dilakukan dengan membagi-bagikan Kartu Sehat yang diperuntukkan bagi semua lapisan masyarakat yang memiliki KTP DKI Jakarta.

Berita terkait lainnya dapat diikuti di topik: 100 HARI JOKOWI-BASUKI.

Editor :

Ana Shofiana Syatiri


Anda sedang membaca artikel tentang

Warga Marunda: Mana Ambulans Kami, Pak Jokowi

Dengan url

http://warmcupofblackcoffee.blogspot.com/2012/11/warga-marunda-mana-ambulans-kami-pak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Warga Marunda: Mana Ambulans Kami, Pak Jokowi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Warga Marunda: Mana Ambulans Kami, Pak Jokowi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger