Terkait Hambalang, KPK Kembali Periksa Staf Sekretariat Fraksi Demokrat

Written By bopuluh on Selasa, 24 September 2013 | 23.46


JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menjadwalkan pemeriksaan staf Sekretariat Fraksi Partai Demokrat Eva Ompita Soraya, Rabu (25/9/2013), terkait penyidikan kasus dugaan penerimaan hadiah proyek Hambalang yang menjerat mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum. Eva diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi.

"Diperiksa sebagai saksi untuk AU (Anas Urbaningrum)," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha.

Selain Eva, KPK kembali memeriksa mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin, serta seorang mahasiswa bernama Wahyudi Utomo sebagai saksi dalam kasus yang sama. Mereka diperiksa karena dianggap tahu seputar kasus ini. Nazaruddin pernah mengungkapkan bahwa Eva merupakan salah satu pengelola uang untuk pemenangan Anas dalam Kongres Partai Demokrat 2010. Menurut Nazaruddin, uang yang dikumpulkan untuk biaya pemenangan Anas ada yang disimpan di brankas di suatu apartemen. Uang dalam brankas tersebut, kata Nazaruddin, hanya bisa dibuka oleh Eva. "Nanti tinggal Eva melaporkan ke saya pengeluaran-pengeluarannya," kata Nazaruddin beberapa waktu lalu. Sementara Eva seusai diperiksa KPK sebagai saksi Hambalang sekitar Juni 2013, mengaku diajukan pertanyaan oleh penyidik KPK seputar kongres Demokrat 2010 di Bandung. Dalam kasus ini, KPK menetapkan Anas sebagai tersangka atas dugaan menerima hadiah atau janji terkait proyek Hambalang dan proyek lainnya. Anas diduga menerima hadiah-hadiah tersebut saat menjadi anggota DPR. Salah satu hadiah yang diduga diterima Anas adalah satu unit Toyota Harrier dan Vellfire. KPK pun mendalami aliran dana ke Kongres Partai Demokrat 2010 yang digunakan untuk biaya pemenangan Anas sebagai ketua umum.

Editor : Inggried Dwi Wedhaswary


Anda sedang membaca artikel tentang

Terkait Hambalang, KPK Kembali Periksa Staf Sekretariat Fraksi Demokrat

Dengan url

http://warmcupofblackcoffee.blogspot.com/2013/09/terkait-hambalang-kpk-kembali-periksa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Terkait Hambalang, KPK Kembali Periksa Staf Sekretariat Fraksi Demokrat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Terkait Hambalang, KPK Kembali Periksa Staf Sekretariat Fraksi Demokrat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger