Siasati Harga Tinggi, Cabai Dioplos

Written By bopuluh on Selasa, 15 Januari 2013 | 22.45

Komoditas

Siasati Harga Tinggi, Cabai Dioplos

Penulis : Gregorius Magnus Finesso | Rabu, 16 Januari 2013 | 13:32 WIB

BANYUMAS, KOMPAS.com -- Para pedagang di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, mulai menyiasati lonjakan harga cabai sejak tiga hari terakhir yang telah mencapai tiga kali lipat dari harga normal. Mereka menjual cabai oplosan untuk menekan kerugian akibat tingginya harga komoditas tersebut.

Inung Marsiyah (45), pedagang besar cabai di Pasar Wage, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, mengatakan, harga cabai rawit saat ini mencapai Rp 40.000 per kg. Padahal, sehari sebelumnya masih Rp 30.000 per kg. "Kalau dihitung sejak awal tahun saat harga masih normal sekitar Rp 12.500 per kg, kenaikan sudah tiga kali lipat," ujar Inung, Rabu (16/1/2013).

Lonjakan harga disebabkan merosotnya pasokan petani setelah sebagian besar hasil panen rusak diserang jamur yang merebak saat curah hujan tinggi. Sementara sebagian petani cabai lain memilih mengganti komoditas tanam karena menghindari kerugian puluhan juta rupiah yang selalu dialami setiap musim hujan ekstrem.

Menurut Inung, sejumlah pedagang cabai di Pasar Wage menyiasati tingginya harga cabai dengan menjual cabai oplosan, yaitu cabai rawit kualitas super dicampur dengan cabai kualitas biasa. Cabai oplosan dijual dengan harga yang lebih murah untuk menekan kerugian pedagang, yakni sekitar Rp 30.000 per kg.

"Biasanya dua kilogram cabai rawit kualitas bagus dicampur satu kilogram cabai yang sudah agak layu walaupun belum busuk. Konsumen justru banyak yang beli karena harganya lebih murah," tuturnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Siasati Harga Tinggi, Cabai Dioplos

Dengan url

http://warmcupofblackcoffee.blogspot.com/2013/01/siasati-harga-tinggi-cabai-dioplos.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Siasati Harga Tinggi, Cabai Dioplos

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Siasati Harga Tinggi, Cabai Dioplos

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger