Realisasi Investasi Melonjak, Hatta Belum Puas

Written By bopuluh on Senin, 21 Januari 2013 | 22.45

JAKARTA, KOMPAS.com - Realisasi penanaman modal ternyata jauh melampaui target. Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengapresiasi kinerja tersebut.

"Realisasi investasi 2012 melampaui target. Saya optimis investasi di 2013 akan lebih meningkat dibanding 2012," kata Hatta di kantornya Jakarta, Selasa (22/1/2013).

Menurut Hatta, kenaikan nilai penanaman modal ini menunjukkan bahwa Indonesia masih dinilai layak dalam destinasi investasi. Para pengusaha yang telah disurvei juga menjelaskan 50 persen dari pengusaha tersebut bilang bahwa mereka akan berinvestasi di Indonesia. Dengan kenaikan investasi ini juga menunjukkan peningkatan foreign direct investment (FDI) dalam negeri. Imbasnya paling tidak akan menutup neraca perdagangan yang selama ini defisit.

"Asalkan kita rajin menjaga iklim investasi dan cermat mengendalikan impor, defisit kita bisa dikurangi," tambahnya.

Meski realisasi investasi melonjak, Hatta mengaku belum puas atas kinerja tersebut. Pihaknya menginginkan realisasi penanaman modal khususnya asing bisa lebih ditingkatkan kembali.

"Namanya kerja, Anda jangan puas dulu. Kalau puas, seakan-akan kita tidak mau lagi meningkatkan. Masih banyak peluang untuk meningkatkan investasi kita," katanya.

Seperti diberitakan, realisasi penanaman modal ternyata jauh melampaui target. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menghitung realisasi penanaman modal 2012 mencapai Rp 313,2 triliun atau melonjak 110 persen dari target awal 2012. Bila dibandingkan 2011 lalu, realisasi penanaman modal 2012 menanjak 24,6 persen.

"Realisasinya untuk tahun ini memang melebihi target. Dan per kuartal selalu terjadi kenaikan," kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Chatib Basri dalam konferensi pers, Selasa (22/1/2013).

Untuk kuartal empat 2012 saja, realisasi penanaman modal sebesar Rp 83,3 triliun atau lebih tinggi 18,7 persen dibandingkan periode yang sama 2011 senilai Rp 70,2 triliun. Angka ini meningkat karena kenaikan realisasi investasi penanaman modal dalam negeri (PMDN) menjadi Rp 26,5 triliun. Sedangkan untuk realisasi investasi penanaman modal asing (PMA) pada periode kuartal empat 2012 pun meningkat 22,9 persen dibandingan realisasi periode yang sama tahun sebelumnya dari Rp 46,2 triliun menjadi Rp 56,8 triliun.

Realisasi investasi PMDN terbesar yang terjadi di kuartal terakhir 2012 adalah transportasi, gudang dan telekomunikasi yang mencapai Rp 4,9 triliun. Di posisi berikutnya adalah sektor industri makanan (Rp 3,4 triliun), tanaman pangan dan perkebunan (Rp 3,4 triliun).

Editor :

Erlangga Djumena


Anda sedang membaca artikel tentang

Realisasi Investasi Melonjak, Hatta Belum Puas

Dengan url

http://warmcupofblackcoffee.blogspot.com/2013/01/realisasi-investasi-melonjak-hatta.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Realisasi Investasi Melonjak, Hatta Belum Puas

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Realisasi Investasi Melonjak, Hatta Belum Puas

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger