Penyiar Radio 2Day FM Bisa Dikenai Tuduhan Kriminal

Written By bopuluh on Sabtu, 22 Desember 2012 | 22.45

SYDNEY, KOMPAS.com- Kantor penuntut umum di Inggris sedang mempertimbangkan apakah akan mengenakan tuduhan tindakan kriminal terhadap dua penyiar Radio 2Day FM Australia setelah tindakan bunuh diri yang dilakukan perawat Kate Middleton setelah menerima telepon palsu dari kedua penyiar tersebut.

Kepolisian Inggris, Scotland Yard sudah mengirimkan berkas ke Crown Prosecution Service (CPS), lembaga penuntut mengenai telepon yang dilakukan oleh Mel Greig dan Michael Christian dari Radio 2Day FM.

Perawat asal India Jacintha Saldanha (46) ditemukan tewas, 7 Desember di asrama perawat di dekat rumah sakit King Edward VII di London dimana Kate Middleton dirawat karena mual-mual berkenaan dengan kehamilan.

"Menyusul meninggalnya Jacintha Saldanha, petugas kami sudah bekerja sama dengan CPS guna menentukan apakah ada tindakan kriminal yang terjadi menyusul telepon palsu ke Rumah Sakit pada tanggal 4 Desember." kata pernyataan Scotland Yard hari Sabtu (22/12).

Scotland Yard mengatakan, berkas sudah dikirim ke CPS hari Rabu berkenaan dengan kemungkinan adanya tindakan pidana.

Di Inggris, CPS bertanggung jawab memutuskan apakah penuntutan akan dilakukan dalam perkara kriminal, sementara polisi bertanggung jawab melakukan penyelidikan dan mengumpulkan barang bukti.

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia L. Sastra Wijaya, kepolisian Inggris tampaknya akan meminta bantuan polisi di negara bagian New South Wales untuk mewawancarai kedua penyiar tersebut. 

Menurut media di Australia, Greig dan Christian bisa dikenai tuduhan berusaha mendapatkan rincian informasi kesehatan dengan menipu. Juga mereka bisa dikenai tuduhan menyiarkan rekaman siaran tanpa ijin dari mereka yang terlibat.

Namun timbul juga pertanyaan apakah tim penuntut Inggris bisa mengejar warga asing atas pelanggaran yang mulanya berasal dari luar Inggris.

Sementara itu dari India dilaporkan bahwa perawat Jacintha Saldanha ini sudah pernah dua kali mencoba melakukan tindakan bunuh diri, dan sejak tahun lalu diberi obat anti depressan.

Kedua usaha melakukan bunuh diri tersebut terjadi ketika keluarga Saldanha berlibur ke India.

Editor :

Tjahja Gunawan Diredja


Anda sedang membaca artikel tentang

Penyiar Radio 2Day FM Bisa Dikenai Tuduhan Kriminal

Dengan url

http://warmcupofblackcoffee.blogspot.com/2012/12/penyiar-radio-2day-fm-bisa-dikenai.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Penyiar Radio 2Day FM Bisa Dikenai Tuduhan Kriminal

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Penyiar Radio 2Day FM Bisa Dikenai Tuduhan Kriminal

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger