Diduga Tidak Netral, Kabag Ops Polres Sidrap Dicopot

Written By bopuluh on Sabtu, 01 Desember 2012 | 22.45

Pilgub Sulawesi Selatan

Diduga Tidak Netral, Kabag Ops Polres Sidrap Dicopot

Penulis : Kontributor Makassar, Hendra Cipto | Minggu, 2 Desember 2012 | 13:34 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com - Seorang perwira polisi, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Bambang, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Sidrap tiba-tiba dicopot dari jabatannnya. Dia dianggap tidak netral dalam perhelatan Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan. Pencopotan AKP Bambang ini dilakukan pekan lalu.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sulselbar, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Endi Sutendi membenarkan adanya pencopotan tersebut. Namun, apa alasannya, dia mengaku tidak tahu.

"Iya, memang benar, Kabag Ops Polres Sidrap dicopot. Tapi personel tidak menjelaskan mengenai alasan pencopotan oknum yang baru dua bulan menjabat Kabag Ops itu. Yang jelas sesuai dengan perintah langsung dari Kapolda," ujarnya saat dikonfirmasi, Minggu (2/12/2012).

Infomasi yang dihimpun, AKP Bambang dimutasi langsung atas perintah Kapolda Sulsel Irjen Pol Mudji Waluyo. Itu dilakukan setelah pihak Mabes Polri dan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) turun langsung sekaitan dengan adanya laporan dugaan oknum polisi yang tidak netral dalam Pilkada Gubernur (Pilgub) Sulsel.

AKP Bambang diduga melakukan intimidasi kepada sejumlah warga di Kabupaten Sidrap untuk memilih salah satu pasangan calon yang akan berlaga di Pilgub Sulsel. Pihak Kompolnas pun bahkan dikabarkan sempat menegur Kapolda Sulsel agar meminta anggotanya netral.

"Kami akan konfirmasi kembali sekaitan dengan dugaan tidak netral itu. Yang jelas, Kapolda sudah menginstruksikan agar semua anggota jajaran Polda Sulsel untuk netral. Jika ada yang melanggar akan ditindak tegas," tandas Endi Sutendi.

Sementara itu, Sekretaris Komisi Nasional Pengawasan Aparatur Negara (Komnas Waspan) RI kota Makassar Nasution mengatakan, pimpinan kepolisian memang harus tegas terkait netralitas anggotanya. Jangan sampai ada indikasi melakukan intimidasi atau memaksa untuk memilih salah satu pasangan calon tertentu.

"Mabes Polri sebaiknya sering-sering turun langsung ke Sulsel untuk melakukan penyelidikan terkait hal itu," ujar Nasution.

Editor :

Ana Shofiana Syatiri


Anda sedang membaca artikel tentang

Diduga Tidak Netral, Kabag Ops Polres Sidrap Dicopot

Dengan url

http://warmcupofblackcoffee.blogspot.com/2012/12/diduga-tidak-netral-kabag-ops-polres.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Diduga Tidak Netral, Kabag Ops Polres Sidrap Dicopot

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Diduga Tidak Netral, Kabag Ops Polres Sidrap Dicopot

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger