Heroin, Sabu dan Ganja Senilai Rp 16 Miliar Dimusnahkan

Written By bopuluh on Senin, 05 November 2012 | 22.45

SEMARANG, KOMPAS.com - Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Tengah memusnahkan barang bukti kejahatan narkoba berupa heroin, sabu dan juga ganja. Pemusnahan dilakukan langsung oleh Kapolda Jawa Tengah Inspektur Jenderal Didiek Sutomo Triwidodo di halaman parkir Mapolda Jateng, Selasa (6/11/2012).

Barang bukti yang dimusnahkan berupa heroin seberat 4,97 kilogram, sabu seberat 2,98 kilogram dan ganja seberat 1,62 kilogram dengan nilai diperkirakan lebih dari Rp16 miliar. Sejumlah barang bukti tersebut disita dari dua tersangka yakni Rosmalinda Sinaga yang ditangkap di Bandara Ahmad Yani Semarang.

Sedang, barang bukti berupa ganja disita dari Purwono yang ditangkap di kamar kos di wilayah Surakarta beberapa waktu lalu. Heroin dan sabu dimusnahkan dengan cara dilarutkan dalam air kemudian dikubur dalam tanah. Sedangkan ganja dimusnahkan dengan cara dibakar.

Sebelumnya terlebih dulu dilakukan pengujian oleh petugas Laboratorium Forensik Mabes Polri Cabang Semarang tentang keaslian barang bukti tersebut. Pengujian juga disaksikan oleh kedua tersangka.

Direktur Reserse Narkoba Polda Jateng Kombes Pol John Turman Panjaitan mengatakan barang bukti tersebut harus segera dimusnahkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. "Wajib dimusnahkan agar dalam perjalanannya barang bukti tidak disalahgunakan, sesuai UU Nomor 35 Tahun 2009 pemusnahan barang bukti tidak perlu menunggu selesainya proses peradilan," katanya.

Dengan dilakukannya pemusnahan barang bukti tersebut, John mengatakan, berkas penyidikan segera akan dilimpahkan ke kejaksaan untuk proses hukum selanjutnya. "Ya hanya kurang berita acara pemusnahan ini, dalam waktu dekat kemungkinan setelah pekan ini bisa dilimpahkan," katanya.

Didiek Sutomo Triwidodo mengatakan, berdasarkan data dari Badan Narkotika Nasional (BNN), tingkat konsumsi narkoba di Jateng tergolong tinggi yakni 1,9 persen dari keseluruhan penduduk Jawa Tengah atau sekitar 6,2 juta jiwa. Sepanjang Januari hingga November, telah ditangani 619 kasus narkoba dengan 760 tersangka. "Jateng juga sudah menjadi pintu masuk untuk menyelundupkan narkoba, terutama lewat bandara," katanya.

Seperti diberitakan, Rosmalinda (37) warga kelahiran Medan yang tinggal di Jakarta ini ditangkap di Bandara Ahmad Yani Semarang pada Sabtu (13/10/2012) pukul 17.30 WIB. Ia ditangkap petugas gabungan dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kantor Wilayah Jawa Tengah dan DIY, Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Tengah dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah saat masuk Indonesia melalui Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang menggunakan pesawat Air Asia AK 1210 dari Kuala Lumpur (Malaysia).

Wanita ini diketahui membawa dua paket heroin dan dua paket sabu yang diletakkan pada dua dinding palsu koper. Dua paket heroin yang dibawa seberat 4,5 kg dan dua paket sabu seberat 3,2 kg dengan perkiraan nilai barang seharga Rp16,1 miliar. 

Editor :

Glori K. Wadrianto


Anda sedang membaca artikel tentang

Heroin, Sabu dan Ganja Senilai Rp 16 Miliar Dimusnahkan

Dengan url

http://warmcupofblackcoffee.blogspot.com/2012/11/heroin-sabu-dan-ganja-senilai-rp-16.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Heroin, Sabu dan Ganja Senilai Rp 16 Miliar Dimusnahkan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Heroin, Sabu dan Ganja Senilai Rp 16 Miliar Dimusnahkan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger